Header Ads

Siapakah Penemu Airsoft Gun Pertama Kali?

Sejarah: Model pertama pistol airsoft gun spring

Sebuah pertanyaan besar yang sering ditanyakan bagi beberapa airsofter yang penasaran dengan sejarah airsoft gun di dunia.

Siapa sih penemunya pertama kali?


Olah raga ini sangat populer sekali di Amerika Serikat, Eropa dan beberapa negara Asia. Orang mengira olah raga ini dimainkan pertama kali dari benua Amerika. Salah!

Yang benar adalah..... dari Negara Jepang.!

Ya benar Jepang negara yang pertama mempopulerkan permainan perang-perangan ini di era 1970-an ada yang mengatakan juga tahun 1980-an.


Mengapa Jepang menciptakan "senjata" jenis ini?


Sejarahnya panjang sekali, bermula dari kolektor senjata yang ingin memiliki replikanya tapi bisa juga digunakan buat menembak selain dipajang, karena perataruran yang sangat ketat memiliki senjata api di beberapa negara.

Model airsoft apa pertama kali?

Tahun 1970 Model airsoft yang pertama kali di Jepang adalah berbentuk pistol terbuat dari bahan kayu dengan desain ala kadarnya dan bisa menembakkan butiran amunisi berbentuk bulat/bola.

Seiring dengan semakin trend makan para wargapun memodifikasi airsoft nampak seperti senjata sungguhan mulai dari bahan plastik, logam, dan kayu. (lihat gambar atas)

Unit airsoft gun sekarang sebuah replika mirip dengan senjata aslinya, dan terbukti sukses banyak yang menyukainya.

Sistem tenaga geraknya pertama kali menggunkan pegas/spring untuk menembakkan amunisi pada jarak yang cukup jauh tanpa melukai siapapun.

Untuk apakah airsoft digunakan di awal mulanya?


Karena terbukti sukses dan laris manis di pasaran unit hanya dibuat latihan menembak target saja hanya unsur melatih ketangkasan menembak saja.

Kemudian beberapa komunitas menembak dan para militer membuat simulasi perang-perangan atau pertempuran kecil menggunakan airsoft gun bukan menggunakan senjata api tanpa ada cidera sedikitpun asalkan dilengkapi dengan peralatan keselamatan seperti kacamata dan helem.

Maka terciptalah olah raga baru simulasi perang atau dikenal dengan SKIRMISH/ SUKIR

Ini akan terbukti sangat sukses, karena senjata airsoft pertama yang dibuat bertenaga pegas, dan dapat menembak pada jarak yang cukup besar tanpa menimbulkan bahaya bagi siapa pun.

Maka secara resmi lahirlah olahraga Airsoft Gun.

Ingat Airsoft Gun berbeda dengan Air gun ya... (akan dibahas artikel mendatang). Memiliki airsoft gun bukanlah tindakan kriminal asalkan syarat-syarat terpenuhi.

Baca: 13 Point Penting tentang Keselamatan Menggunakan Airsoft Gun

Pergeseran Airsoft Gun dari Jepang Ke AS dan Inggris

Beberapa orang di Jepang melihat olahraga airsoft sebagai peluang besar, dan mereka mulai mendesain, membangun, dan memproduksi produk mereka sendiri, menjualnya di toko-toko di seluruh negeri.

Namun sayangnya negara Jepang entah apa sebabnya sempat melarang warganya membeli unit airsoft gun karena termasuk perbuatan ilegal.

Sungguh ironis bagaimana negara yang menciptakan produk-produk fantastis kemudian melarang mereka untuk menjualnya.

Trend airsoft mulai merambah ke negara-negara maju lainnya seperti AS dan Inggris pada awal 1980-an dan terbukti menjadi permainan paling keren, dengan desain yang lebih baru, bentuk penampakannya dan detailnya benar-benar mirip seperti senjata. Airsoft gun bertenaga CO2, green gas (pada perkembangan berikutnya green gas lebih sering digunakan untuk airsoft karena tidak terlalu kuat dan lebih aman digunakan saat permainan ketimbang bahan gas co2 yang lebih kuat tekanannya) ada juga bertenaga motor listrik AEG dan pegas/spring.

Kemudian sebuah perusahaan bernama LS mulai memproduksi produk-produk ini dalam jumlah besar, dan dijual dengan desain yang harus dirakit sendiri, yang berarti produk tersebut dibuat dalam komponen terpisah dan harus disatukan oleh konsumen.

Airsoft hari ini

Di dunia saat ini, airsoft gun telah menjadi olahraga yang sangat besar dan terkenal, terutama di AS dan Inggris, juga beberapa negara-negara lain di dunia yang mulai "menggandrungi" olah raga menembak yang satu ini sebagai hobi dan permainan yang menyenangkan.

Unit airsoft gun telah diciptakan sejak tahun 1970-an, dari replika buatan sendiri yang hanya ditenagai oleh spring/pegas dengan sekali kokang, hingga kemudian unit airsoft dengan replika mirip senapan serbu asli yang bisa menembak pada jarak hingga dengan kekuatan velocity 500-800fps. Wow.

Olahraga satu ini tidak akan berganti atau hilang begitu saja dalam waktu dekat, sebab kesenangan tersendiri saat memainkannya, mudah digunakan, aman dan diminati oleh segala usia dan siapa saja bisa menggunakannya.

Apalagi aksesoris airsoft gun seperti telescope, senter, laser, holosight dan sebagainya sangat cocok dipasang dan mirip untuk asli senjata api. Peserta dapat meniru dan menggunakan peralatan taktis lainnya seperti peralatan militer dan polisi modern lainnya.

Sudah banyak komunitas airsoft gun di dunia termasuk di Indonesia terutama di kota-kota besar. Beberapa sering mengadakan kompetisi "pertempuran" antar team seperti simulasi perang sesungguhnya. Simulasi militer dapat dimainkan di dalam ruangan (indoor) dan lapangan terbuka (outdoor).


Permainan harus tetap menjaga keselamatan dan sportifitas yang tinggi. Sebelum permainan dimulai masing-masing unit peserta harus melewati tahap pemeriksaan velocity yang diukur dengan alat pengukur kecepatan tembakan peluru yang disebut dengan Chronograph/ Kronograf.

Chronograph adalah sebuah alat yang menangkap gerakan lintasan proyektil sehingga dapat ditentukan seberapa kuat melesatnya proyektil tersebut.

Prinsip kerja awal ditemukannya chronograph sejak tahun 1700-an oleh Benjamin Robins dengan dua buah pendulum, kemudian dikembangkan oleh Alessandro Vittorio Papacino d'Antoni dengan putaran roda. Kronograf modern terdiri dari dua area penginderaan yang disebut layar kronograf , yang berisi sensor optik yang mendeteksi lintasan peluru. Peluru ditembakkan sehingga melewati kedua layar, dan waktu yang dibutuhkan peluru untuk menempuh jarak antara layar diukur secara elektronik. (Wikipedia)

BB dan Kecepatannya

Efek sakit jika terkena tembakan airsoft ini karena energi kinetik yang dimiliki bb itu sendiri, berbanding lurus dengan masa bb dan seberapa kuat kecepatannya.

Melesatnya amunisi BB harus sesuai standart masing-masing negara yang diukur dengan satuan FPS (feed per second).

Sebagai contoh kasus berat keumuman bb 6mm yang paling sering digunakan 0,20 gram kecepatan tembakan 100 meter per detik atau 330 FPS (feed per second)

Aturan kecepatan tembakan di Amerika serikat yang diijinkan menggunakan BB standart 6mm 0,20 gram

  • 110 meter per detik (350 kaki / detik) untuk CQC Closed Quarter Combat (Skirmish), 
  • 120 meter per detik (400 kaki / detik) untuk di luar ruangan dengan unit Airsoft Electric Guns (AEGs) yang full otomatis, 
  • 120–140 meter per detik (400–450 kaki / detik) untuk AEG mode DMR semi-otomatis , 
  • 140–150 meter per detik (450–500 kaki / detik) untuk Sniper Action-bolt

Jarak dan Jangkauan

Jangkauan maksimum yang unit airsoft gun legal di lapangan adalah sekitar 100 m (110 yd) dengan model replika sniper yang sudah diupgrade. Kebanyakan airsoft gun yang digunakan untuk bermain di lapangan akan memiliki jangkauan efektif sekitar 43-67 m, tergantung pada jenis peralatan yang digunakan. Sebagian besar jarak jangkuan maksimal kurang lebih 60 m / s (200 kaki / s) hingga 125 m / s (410 kaki / s), meskipun dimungkinkan juga untuk Airsoft jenis pistol ada yang bisa menembak hingga 170 m / s (550 kaki / s) atau lebih tinggi.


Di Irlandia, Italia, dan Jepang batas energi untuk senjata Airsoft adalah satu joule terlepas dari model jenis permainannya seperti batasan di Amerika Serikat. Beberapa situs penjual airsoft di Inggris menyebutkan deskripsi uni semi-otomatis hingga 88 m / s (290 kaki / s) dan senapan sniper hingga 95-107 m / s (310 kaki / s). Irlandia Utara kecepatan maksimum 100 m / s (330 kaki / s) dengan BB 0,20 g, semua unit permainan. (Wikipedia)

Unit yang melebihi batasan yang dilegalkan tidak akan dijinkan untuk menggunakan unit airsoft tersebut.

Salam satu laras.

Referensi dengan tambahan editor
en.wikipedia.org/wiki/Airsoft
fortairsoft.com/who-invented-airsoft

Powered by Blogger.