Header Ads

Pahami Jenis dan Mekanis Airsoft Gun Agar Tidak Keliru Saat Membeli


Airsoft gun adalah mainan hobi yang menyerupai/ replika senjata sebenarnya, meski terlihat mirip dari sisi fisiknya tentu unit airsoft tidak bisa dimodifikasi menjadi senjata api kalaupun bisa tentu saja itu perbuatan melanggar hukum dan dilarang.

Meski hanya sekedar mainan replika, keamanan tetap diutamakan saat penggunan seperti menggunakan kacamata, orange tip, helm, dan baju tebal.

Airsoft gun banyak digemari semua kalangan baik anak-anak 12 tahun keatas dan dewasa sekalipun. Airsoft menjadi pilihan olah raga keren dengan menjinjing replika senjata saat latihan atau sukir (skirmish) atau perang-perangan.

Akan jadi seru bila dimainkan dengan antar kelompok/klub saat event tertentu atau saat latihan.

Karena airsoft digemari semua kalangan maka diciptakannlah unit airsoft mulai dari harga yang termurah dan termahal dengan model replika senjata bervariasi, juga sistem penggerak yang berbeda-beda pula.

Tujuannya adalah agar airsofter lebih leluasa memilih unit kebanggaannya saat bermain.

Seorang airsofter sejati tidak membeda-bedakan airsofter lain karena pilihan unit dan harganya, sejatinya adalah salam satu laras

Jenis Amunisi/Peluru

Airsoft gun tidak menggunakan peluru tajam atau peluru keras melainkan menggunakan peluru berbahan plastik ukuran 6mm, karena itu disebut soft. Berbeda dengan uni airgun diameter bullet 4,5mm yang menggunakan gotri.

Saat ini peredaran unit airgun yang menggunakan bb gotri sangat diperketat kepemilikannya.

Mari kita bahas satu persatu apa saja yang jadi amunisinya.

img by inov8 sales

BB Gel

Sudah pernah dengar istilah gel blaster, wgg, atau water gel gun? Nah, jika belum saya akan bahas di artikel ini. Bagi yang sudah tahu skip saja tau kasih tambahan di komentar ya.

Bola air ini berukuran 7-8mm dan 10-11mm saat akan digunakan bola gel ini mesti direndam air dulu selama beberapa menit (15-20 menit).

Setelah siap bb gel di masukkan kedalam magazin. Saat ditembakkan juga lumaya jauh berjarak 30 meter kurang lebih.

Apabila terkena sasaran tembak akan hancur/pecah jadi sangat aman sekali dimainkan oleh anak-anak 14 tahun keatas.


 


Ball Bullet

Bahan dasarnya adalah plastik berukuran 6mm apabila terkena objek sasaran akan terkadang pecah. Beratnya bervariasi 0.15gr, 0.2gr, dan 0.3gr.

Amunisi bb plastik 6mm yang ditembakkan tidak mematikan tapi apabila kena kulit manusia akan berbebekas dan memar.



Gotri 

Bahan dasarnya terbuat dari besi berdiameter 4,5mm biasa digunakan untuk unit airgun bukan unit airsoft gun, jadi sangat berbeda sekali unit airgun dan unit airsoft gun.

Kekuatan tembakan berkisar 750-1000 fps wow sangat besar sekali ya.. bahkan dalam kasus tertentu jarak 3 meter dapat membun*h target.

Ya.. wajar saja bila penggunaan airgun ini hanya boleh digunakan di arena tembak untuk olah raga/ sport menembak saja.

Nanti akan saya update tentang jenis Airsoft gun:
Sniper
Rifle
Handgun
LMG
Shotgun

Jika dilihat dari jenis penggerak/mekanisnya ada beberapa macam mulai manual/kokang, menggunakan baterry dan motor hingga menggunakan gas tekanan bertekanan tinggi.

Mari kita bahas satu persatu apa saja.

Jenis Tenaga/ Mekanisme Airsoft Gun 

Tenaga Spring


Anda mungkin banyak menemukan mainan tembak-tembakan anak-anak di toko mainan pasti. Nah prinsip kerjanya serupa dengan mainan anak tadi, biasanya kokangannya agak keras karena memang diperuntukkan buat orang dewasa bukan untuk anak-anak.

Yang anda perlukan cukup kokang tarik kebelakang hingga terdengan bunyi klik dan airsoft sudah siap ditembakkan.

Untuk kekuatan tembakan sudah lumayan kencang kisaran 200 sampai 300 fps (feed per second) tergantung kuat spring/pegasnya.

Jadi airsoft gun jenis spring ini hanya bisa 1 kali kokang, 1 kali tembakan begitu terus sampai habis amunisi BB (ball bullet) plastik 6mm atau BB gel 7-8mm.

Ya hitung-hitung olah raga tangan juga kan...

Tenaga Baterai/ Elektrik

Jenis airsoft gun populer lainnya adalah AEG (Automatic Electrical Gun) sebagai penggerak utamanya adalah battery/baterai jenis NiCd dan Lithium Ion yang lebih besar kapasitas lebih awet dan motor (dynamo).

Anatomi gearbox AEG

AEG

Motor menggerakkan slide piston secara otomatis ketika pelatuk di tekan. Piston dan tabung untuk AEG berbahan logam sehingga lebih awet dan berbobot mirip seperti senjata aslinya. Sebagai penggeraknya dari motor disalurkan melalui gear berbahan besi sehingga wajar saja kalau harga jualnya juga terbilang masih mahal kisaran Rp4-9jutaan

Airsofter tidak perlu repot-repot mengokangnya cukup siapkan baterai berkapasitas besar 1400-2200mAH.

Airsoft gun bisa dicharge ulang ketika baterai sudah habis, kekuatan tembakan juga lebih kencang ketimbang spring rata-rata 300-450 fps cukup jauh dan kuat menembakan bb 6mm melalui barrel/ laras.

Rate of Fire AEG sangat luar biasa sanggup memuntahkan bb 600-900 per menit hampir serupa dengan senjata sebenarnya.


LPEG

Low Power Electric Gun - sama seperti unit AEG menggunakan penggerak motor  dan baterai karena berbahan plastik dan lebih murah dari bahan logam hasil kekukatan tembakannya juga lebih rendah dari versi AEG

Karena bahan utama gearbox dan body dari plastik sehingga kekuatan tembakannya juga tidak sekuat AEG bahan logam. Harga dipasaran jenis LPEG Rp1-3jutaan

Tenaga Gas

Airsoft gun yang berpenggerak gas memang sangat rumit anatomi mekaniknya, tidak boleh ada kebocoran sedikitpun harus ada seal gas.

Gas yang digunakan biasanya ada 2 jenis greengan dan gas co2 yang sudah banyak dijual refilnya secara murah.

Sensasi unit airsoft gun jenis ini ialah memiliki hentakan layaknya menembak sungguhan, karena itu tidak disarankan dimainkan untuk anak-anak.

Unit Pistol lengkap gas Co2 by Amazon

CO2 

Gas Carbon dioxide (CO2) yang bersifat kering membuat getas karet seal apabila setelah penggunaan unit airsoft tabung gas tidak dilepas.

Tabung kecil yang berisi gas co2 memiliki tekanan tinggi sebesar 2 joule sehingga dapat menembakkan bb gotri 4,5mm dan bb 6mm sangat kuat.

Melihat hasil tembakan yang sangat kuat mewajibkan pemilikinya untuk surat kepemilikan unit airsoft legal dan Kartu anggota klub menembak.

Cara penggunaan: Tabung kecil dimasukkan ke dalam magazine unit airsoft dan siap digunakan sampai gas habis. tidak bisa diisi ulang sekali pakai dibuang.


Pengisian green gas dari tabung ke magazine


Green Gas 

Kandungan gas berisi (freon) CHZ, FCF3, CH3 dalam tabung kemasa 1000mL dan 1100mL.

Cara penggunaan: magazin unit airsoft diinjeksi botol green gas seperti saat mengisi korek api, kemudian siap digunakan.

Blow Back

Hentakan tembakan airsoft dibuat sedemikian rupa mekanisnya dibuat mirip seperti hentakan senjata sebenarnya, sehingga sensasi berbeda saat menggunakannya

Non Blow Back

Bertenaga gas tetapi tidak ada hentakannya
Powered by Blogger.